Facebook Indonesia - Ramadan Insight 2019
Bismillah.. Halloha kali ini saya nulis untuk karena tahun lalu saya dan tim di undang sama Facebook untuk dateng ke event Facebook Ramadan
Section di Tulisan ini :
Facebook sedang promo facebook TV nya.. jadi ada boot buat demo acara-acaranya
Tapi mungkin belum terlalu rame kali ya facebook TV, lebih rame di IG TV nya
Berhubung kita bertiga jenggotan, jadi tak blur aja yaa Owner salah satu brand fashion Indonesia :D
Karena baru pertama kali ketemu juga di event ini sama si owner disini, jadi pas kenalan...
"Ohhh ini toh..."
"ohhh beda yaa sama di foto..." wkwkwkwk
Ya begitulah klo ketemu sama saya, akan tambah lebih "dewasa" kalau ketemu... hahaha..
Ada cletukan kocak juga
Rata-rata yang hadir di event ini adalah Agency
Jadi kalau rata-rata ditanya "Dari Agency Mana?"
"Dari Ecommerce Apa/Mana?"
Jadi kalau jawab.. kayak-kayak aneh bawa brand sendiri...
Apalagi brand Pustaka Lebah, yaelahhh yang dateng masih pada muda-muda dan kekinian yak... mana pulalah yang tau brand Pustaka Lebah... Hahaha..
dan kalau di jawab yaa cuman pada repon "ohhh..."
Terus hening... dan berpisah... wkwkwkwk...
Mungkin yang tau sebenarnya cuman AM (Account Manager) kita aja
mba Efrata.. yang akunnya sampe sekarang locked! hahaha
Begitu juga semua yang rata-rata kerja di fb ga bisa di add.. #AhSudahlah.. :v skip yaa
Ok langsung lanjut inti insight yang di dapat ya..
Session 1
Di sampein oleh Mba Sri Widowati Selaku Facebook Country Director Indonesia
Nahh saya sampein real catatan yang saya dapat ya, karena nanti akan ada gambar dari mini modul yang di dapat tak share disini
Tapi catatan tuhh kadang ga ada di modul, apalagi pada gunain slide (Ini tak foto-fotoin juga) cuman lupa di backup dimananya, nanti kalau ketemu tak update disini juga insya Allah
Ok ini point catatan saya di sesi 1 :
- Insight dari Diah Cookies, ini lupa detailnya apaan.. haha
Tapi bisa cek langsung history Diah Cookies - Brand-brand yang aktif di Ramadan --> Biasanya akan menghasilkan keloyalan di bulan-bulan selanjutnya
- Dalam Ramadan ada 3 sesi :
- Discovery --> Orang-orang mencari inspirasi, nahh kata mba Sri 4 minggu sebelum Ramadan biasanya orang akan mencari-cari inspirasi. Nah kita tau lah ini ya... user mulai scrooling-scrooling timeline dan searching-searching mau akan seperti apa Ramadan di tahun ini :) #MencariInspirasi
- Visual Engagement & Conversions --> Maka setelah orang-orang ini mencari-cari (biasanya akan masuk whitelist atau di save link), maka moment apa yang ditunggu-tunggu untuk terjadinya Conversion?
Sudah jelas adalah THR, Yes disinilah moment yang paling ditunggu-tunggu! :D
- Point 3 --> dicatatan kelewatan rekkk... jd ga ada... #Maafkeun - Instagram Stories kata mba Sri adalah cara tercepat untuk Grab Audience, maka cobalah yang suka maenan di IG, atau kuat kontennya di IG atau usernya banyak di IG.. sikatt mas brooo!!
- Instagram merupakan salah satu platform yang pertumbuhannya luar biasa di Indonesia, di tahun 2018 kemarin (info dari saat event) pertumbuhan menjacapi 45juta user... ckckckckckck.. Emejing!
Catatan dari Mba Sri "Jangan lupa IG, jangan lupa IG Story"
Nahh semoga uda dapet gambaran dari insight di atas ya...
Tapi tenang mba Sri pun memberikan summary-nya yang bagus untuk kita terapin di Ramadan
- Mulailah lebih awal dibanding yang lain, curi start campaign-campaign yang produk kita sudah masuk whistlist atau di save di hp user
- Kita tidak bisa penuhi semua permintaan user, jadi FOKUSLAH!!
- Ambil moment dengan visual (Grab Attention), sudah saatnya visual bermain, terutama video yaa...
Karena, Ramadan itu bukan Hanya 1 Session!!
Ok insight di session 1 udah segitu yaa...Lanjutt?
Lanjutt pak Ekoo!!!
Session 2
Aslinya ini bukan session 2 kayaknya seingat saya
Karena ada 4 sesi kalau ga salah
Tapi karena yang ada di catatan saya ini .. ya jadi tak tulis sesi 2 aja.. hahaha
Yaitu di sampaikan oleh mas Panca Putra,
Nah ni orang unique, stylenya saya pribadi suka..
Santai banget tapi sungguh smart dan out of the box...
Ternyata setelah ngobrol-ngobrol sama mba Efrata, mas Panca ini bagian Creative nya di Facebook... pantes ya...
Yang bau-bau Creative biasanya akan "unik" Hehehe
Jadi insight dari mas Panca itu banyak banget, cuman lebih detailnya ada di slidenya beliau...
Slide sayangnya ga bisa di dapet, uda sempet minta ke AM juga
Ternyata ga boleh.. hahaha
Asli itu slide keren banget, banyak insight dari study case bikin angle yang winning campaign di lokalan
Catatan dari mas Panca :
- Kenali Behaviour User, nahh maksud disini setelah kita kenal behaviour user, maka kita akan tau bagaimana mendelivery konten campaign kita (saya akan kasih contoh project yang di bikinin sama tim Facebook untuk Pustaka Lebah)
- Grab Attention (Lagi lagii ini yaaa)
- Audio/Backsound
- Make It Simply
--> seingat saya ini maksudnya adalah buat semudah mungkin user memahami maksud dan tujuan materi iklan kita dan sertakan audio/backsound yang sesuai dengan goal dari iklan kita ;) - Input "texting" di audio, hal yang harusnya para advertiser tau ya.. jadi di video/audio sertakan semacam subtitle ya.. jadi saat audionya off di timeline, atau sedang di mute. User kita tetap bisa baca pesan yang di sampaikan
Ramadan is not about THR Only!
Nahh sesi sebenarnya ada lagi, sesi dari facebook juga perihal Facebook IQ, Insight dari Co-Founder Tiket.com mas Mikhael Gaery Undara dalam sesi talkshow
Jujur walaupun seruu saya butuh effort untuk memahami, karena yang pake bahasa Indonesia penyampainannya jarang. Bahkan Panca yang orang Indonesia juga sampeinnya pake English.. Hahaha...
Maklum lah yaa... anak dari desa saya ini, English dari dulu di raport dapetnya 6 dan 7
Tapi motivasi saya kuat insya Allah biar bisa memahami mereka ngomong, hal yang saya lakukan adalah join ke grup luar dan gunakan Google Translate, bahkan saat skype-an google translate selalu ready di Tab Chrome.. Hahaha #NamanyaJugaUsaha
Insight #1
Ok dari gambar di atas di dapat bahwa user lebih banyak menonton atau liat Hp 2.2x lebih sering
Dan aktifitas Ramadan di Indonesia menurut data yang di dapat facebook :
- 66% User Indonesia suka mencari tau info terbaru alias kepo... :p
- 60% lebih dekat dengan teman atau saudara, jelaslah ini mah yak...
- 50% aktivitas sosial semacam kopdar, bukber, reuni atau silaturahmi dengan saudara akan lebih sering karena fadilah amalnya cukup besar ya..
Dari gambar di atas
Nahh ini yang lucu, setelah saya baca iya juga yak
Kita tuh nonton TV biasanya ga fokus nonton tok
Kadang ada yang suka sembari pegang HP
Tapi benarlah data dari FB ini... :D
2 dari 3 User di Indonesia
- 71% user suka cari-cari informasi alias kepo.. lol
- 71% masih suka chit chat, alias buka-buka apps chat
- 49% user masih suka FB, nahh ini yang sebagian masih meragukan user FB "Apa iya masih pada buka FB", tapi buktinya bisnis masih bertumbuh ya yang masih menggunakan FB untuk media promosinya :D
Yuk coba liat pelan-pelan dari grafik gambar di atas
Sekalipun data ini sedang ngebanding Smartphone VS TV
Tapi kita bisa dapet insight disini
User di Ramadan itu aktif dari jam 4 pagi
Dan nge-peak di jam 4 sore sd jam 6 sore ya..
Ini bisa buat insight kita melakukan promo campaign di jam-jam rame ini
Tapi ga menutup kemungkinan jualan di jam 9 malem after Shalat Taraweh ya..
Banyak juga yang closing.. hihihi
Nahh inti dari gambar di atas simplenya
Pakailah platform facebook untuk promosi ketimbang pake TV.. hahaha
Tapi ya memang betul, semua sekarang sudah ada di genggaman ya..
Apa-apa yang di cari semua uda bisa di akses melalui "jari jempol"
Tapi Data dari Facebook Internal di Q2 tahun 2017
Setiap bulan user akses Facebook melalui mobile itu ada 111.000.000 user *Reach
Jadi kebayangkan kalau sampe produk kita ga muncul di hadapan mata user dan si jempolnya ga ngeklik iklan kita.. hihihi
Di atas adalah contoh studi kasus yang berhasil menjalankan campaign menggunakan FB di Ramadan
Ada Lazada dan Nutrisari ya..
Semoga di Ramadan 2019 ini kita bisa naek juga
Aamiiin!
Insight #2
Nahh gambar di atas mulai tampak
Video sudah menjadi-jadi
Bahkan di tahun 2019 ya
Keliatan dari para konten kreator yang ada di Facebook, IG ataupun Youtube
Makin merambah aja
Dan jelas itu tandanya video mengalami kenaikan dalam "Grab Attention" user di Indonesia
Dari data Facebook di tahun 2017 user Indonesia di bulan Ramadan mengalami kenaikan 19% (kita posisikannya sudah di 2018 dan lagi mau dapet insight di Ramadan 2018)
Apalagi di tahun 2019 ini... :D #PersiapkanDariSekarangMateriIklannya
Lagi-lagi..
intinya pake facebook aja ngiklannya
Targeting ke Mobile.. hehehe
Apalagi di tahun 2019 ini
Makin kenceng usernya yang akses di "mobile" ya...
Seingat saya materi ini disampaikan oleh mas Panca
Optimize content!
Ada bahasan di atas juga ya.. masuk ke "Session 2"
Bisa tengok-tengok lagi ya di atas :), intinya :
- Grab jempol user untuk bisa "stop" dan bikin penasaran dengan "thumbnail" nya, kalau settingan di fb nya autoplay.. berarti di detik 1-5 harus greget!
Oia ada point branding, jangan lupakan inside branding disini, karena akan terekam di alam bawah sadar..
Nah ini bisa bermanfaat juga saat melakukan retargeting di campaign Anda
Jadi si user uda "sedikit kenal" logo brand Anda :)
Atau biasa disebut "Brand Identity" nya uda ada yang kecantol :) - Ini untuk size ya...
Sejauh in ga perlu di bingungin juga untuk size sekarang
1 settingan uda bisa di optimasi untuk semua placement
Karena FB semakin memberi kemudahan untuk hal ini
--> Jadi ga perlu bingung-bingung buat Frame/ukuran khusus...Tapi klo mau xtra waktu dan tenaga si gpp ;) - Video yang singkat dan padat ini yang jadi tantangan
Sekaligus di testing di berbagai macam placement
Bahkan testing copywriting juga, beda placement harusnya ada pengkategorian juga untuk jenis user... so testing and testing again! - Setup si video untuk "sound off" seperti yang dibilang di sesi 2 di atas ya
Biar pas lagi silent si user masih bisa menangkap pesan campaign kita :)
Gambar di atas adalah kebiasaan-kebiasaan yang di lakukan user Indonesia di kala bulan Ramadan
Nah dari setiap point di atas tinggal pilih
Mau masuk dari angle mana iklan kita?
Atau mau ngehajar tipe user yang seperti apa?
Atau mau di buatkan series konten yang share-able
Alias konten yang tingkat viralitasnya tinggi sehingga user senang dengan "keadaan" yang di gambarkan di atas :D
--> Semoga kebayang ya maksud saya disini ;)
Insight #3
Dari gambar di atas saya nangkep seperti ini:
- User indonesia 9 dari 10 akan suka chit chat
- Dari info di atas pakailah jenis campaign yang mengarah ke messenger
tapi balik lagi, apa iya "Customer Avatar" kita ada di messenger? - Nahh.. angka 66% ini menunjukkan karena sebagian besar olshop di indonesia ini transaksi masih suka di WA, artinya suka tanya-tanya dulu.. baru deh closing, hihi...
Untuk hal ini ada kisah lucu, jadi saya sehabis skype sama AM Fb di celetukin untuk meeting dengan atasannya yang dari Singapur
Kalau ga salah beberapa company aja yang di undang, saya tanya alasannya donk dalam rangka apa di undang dan atas dasar apa :D?
Ternyata kita diundang karena masuk kategori "Unique"
Dikarenakan penjualannya masih pake WA.. Hahahaha..
Karena yaa spent lumayan, tapi kok masih aja pake WA :D
Tapi singkat cerita pas mendekati hari H gak jadi undangan ini.. #Alamak
Nahh dari gambar di atas ada insight bagus banget
Perhatikan point di atasnya ya...
- 3 Weeks Before Ramadan
Ternyata disini paling banyak pergerakan user mempersiapkan untuk belanja - 2 Weeks Before Ramadan
- Ramadan Week, disini sekaligus menunggu THR Cair... :v
- Week 4 Of Ramadan Month, alias saatnya Mudik!! :D
Keren nih insight di gambar di atas!
Pleaseeee bacanya pelan-pelan dan di breakdown masing-masing point
Insya Allah akan di dapat insight yang bisa jadi strategi campaign kita ;)
- Create Your Presence
Ada penekanan disini, sikat dimana usermu ada. Inget diaman ia berada.. jangan aneh-aneh dulu coba channel lain kalau sebelumnya belum ada "edukasi" untuk merubah channel :D - Message Customers At Scale
Tidak bisa dipungkiri ya, saya pribadi masih pake WA untuk chit chat ini
Mau ga mau CS kita optimalkan dan di jaga respon rate nya, biar user bisa di respon secepatnya dan ga jadi dingin lagi list nya - Ensure Discover
Intinya mah Multi channel, atau kalau sekarang sudah mampu untuk ke arah Omni Channel ini better..
Kalau uda punya list, mulai dah di colek-colek dan disapain, biar ga dikira jualan mulu... hahaha
Facebook Indonesia - Ramadan Insight 2019
Gambar di atas ini informasi tambahan yang di dapat langsung di Facebook IQ
Ada banyak informasi disana
Tapi masih "Beta" keterangannya
Mungkin masih tahap terus build sampai dengan matang datanya ya...
Dan data dari Fb IQ ini bukan untuk di Indonesia ya Ini Global Jadi setidaknya yaaa.. taulah akan ada apa aja di sesi Ramadan ini
--------------------
Ok mungkin itu insight yang bisa saya share dari apa yang saya dapat di event Facebook Ramadan Insight di tahun 2018
Syukur-syukur bisa di terapin lagi di Ramadan tahun 2019
Insya Allah yang namanya pola akan berulang
Hanya saja kita tetap update juga perihal "behaviour" user kita
Biar kita tau mereka ini lagi "butuh" apa
Yaaa minimal kita bisa mentrigger sekaligus menggabungkan 3 hal saat menjalankan campaign
- Adanya keinginan
Keingininan ini bisa di trigger sebelum Ramadan datang, alias di Pra Ramadan - Adanya kebutuhan
Kita bisa mengkap "need" atau "solution" yang user butuhkan - Adanya daya beli
Nahh ini yang penting, kenapa Ramadan banyak user yang belanja, insya Allah Daya Beli nya lagi "ada", alias lagi dapet THR pak!! Hehehe
Ok semoga bermanfaat ya...
Ohh iyaa kalau mau jalanin campaign yang jor-joran di persiapan Ramadan bisa baca insight running campaign dengan automations disini Facebook Automations
Yang mau ikut kelass offline di Markaz bisa join disini ya Free Mini Class
Insya Allah kelas perdana akan dimulai tgl 1 Maret 2018 Baghda Magrib
So stay tuned!
Karena tempat terbatas hanya 20 seat
Dan insya Allah akan rutin tiap minggu kita adain #DoakanSemogaIstiqomah :D