written by
Tangguh Rifqi

Apa Itu Marketing Analytics?

Analytics 4 min read
Apa Itu Marketing Analytics?
Apa Itu Marketing Analytics?

Ok Bismillah..
kali ini baru mau bahas analytics lagi ya...
Tapi sebagai pembuka kita bahas tentang “WHAT” nya dulu...
Soo... Apa itu Marketing Analytics?

Marketing analytics adalah proses pelacakan dan analisis data dari upaya marketing, seringkali untuk mencapai tujuan kuantitatif.
Wawasan yang diperoleh dari marketing analytics dapat memungkinkan organisasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka,
meningkatkan laba atas investasi (ROI) dari upaya marketingnya,
dan menyusun strategi marketing di masa depan.

Sebuah laporan yang dilakukan oleh PwC, perusahaan-perusahaan yang sangat didorong oleh data tiga kali lebih mantap daripada rekan atau kompetitor mereka yang kurang didorong oleh data untuk melihat peningkatan yang signifikan dalam pengambilan keputusan.
Nahh...
Terlepas Anda sebagai solopreneur di Marketing atau bekerja sebagai tim marketing...
Anda atau tim Anda penting untuk memahami dasar-dasar marketing analytics
dan bagaimana hal itu dapat menginformasikan keputusan perusahaan Anda.

Yes... ini dia pentingnya, yaitu PENGAMBILAN KEPUTUSAN :)

Ok kita lanjut yaa...

Sekarang Mengapa Marketing Analytics Penting?

Nahh kenapa coba hayooo? muehehehe...

Yang pasti kalau ga penting.. gak akan jadi pembahasan disini... hahaha...

Ok ok lanjut yaa..
Jadi Dengan memahami Marketing Analytics Anda jadi tau cara mengumpulkan, mengagregasi, dan menganalisis data yang dapat memungkinkan Anda untuk mengekstrak insight yang ajibb, dan dilanjut untuk jadi sebuah pegangan keputusan di perusahaan/bisnis Anda.

Ini salah 3 contoh alasannya ya:

  1. Tingkatkan Pengalaman Pengguna (User Experience) dan menganalisis data pihak pertama pengguna Anda.
    Hal ini dapat mengungkapkan perasaan mereka tentang interaksi mereka dengan produk dan situs web Anda.
    Apakah perasaan mereka dinyatakan secara eksplisit (sebagai contoh, dalam sebuah survei) atau tersirat dalam perilaku mereka (sebagai contoh, meninggalkan situs web segera setelah mengunjungi halaman) memiliki informasi kualitatif dan kuantitatif ini dapat memungkinkan organisasi Anda untuk membuat perubahan yang memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan potensi prospek untuk menjadi pelanggan.
  2. Hitung ROI dari bisnis Anda
    Fungsi penting lain dari marketing analytics adalah menghitung keuntungan bisnis Anda yang dapat dikaitkan dengan saluran atau marketing campaign tertentu.

    Untuk menghitung ROI bisnis Anda, bisa gunakan rumus berikut:

    ROI = (Laba Bersih / Biaya Investasi) x 100
    Misalnya, katakanlah Anda merilis video yang menjelaskan manfaat produk Anda yang harganya 10.000.000 untuk biaya produksinya.
    Anda melacak berapa banyak orang yang menavigasi ke halaman produk di situs web Anda segera, setelah menonton video tersebut
    Kemudian dari video itu menghasilkan 30 pelanggan baru dalam periode tertentu.
    Jika produk Anda berharga 500.000, dan setiap lead baru membeli satu, Anda dapat mendapatkan omzet 15.000.000 dari hasil video tersebut.
    Laba bersih dari hasil marketing campaign Anda adalah 5.000.000

    Memasukkan hitungannya ke dalam formula ROI terlihat seperti ini :

    ROI = (5.000.000 / 10.000.000) x 100 ROI = (0,5) x 100 ROI = 50%
    Setiap kali ROI menghasilkan persentasi yang positif, maka upaya video marketing ini bisa dianggap menguntungkan.
    Tanpa data untuk memahami dari mana arah berasal, menghitung dampak keuangan dari upaya tertentu tidak akan mungkin.
    Perhitungan ROI dapat menentukan upaya marketing mana yang paling mendorong penjualan dan membuktikan nilai project ini.
  3. Merencanakan Strategi Marketing Kedepannya Dengan data pelanggan Anda Dengan Marketing Analytics memberikan peluang untuk menciptakan strategi berbasis data untuk perusahaan/bisnis Anda.

    Dengan menganalisis data marketing, Anda dapat menemukan apa yang berfungsi, apa yang tidak berhasil, dan bagaimana perasaan pelanggan Anda tentang pengalaman mereka dengan produk dan situs web Anda. Anda juga bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang dampak upaya marketing terhadap perusahaan/bisnis Anda.

    Dengan informasi itu, Anda dapat merencanakan kedepannya dengan lebih mudah.
    Apa yang harus Anda lakukan lebih banyak untuk mencapai tujuan kuantitatif Anda?
    Bagian mana yang gagal menghasilkan arahan baru dan harus dikeluarkan dari rencana kedepannya?
    Analisis data membantu Anda menyusun strategi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini.
    Mantapp!!!

Menggunakan marketing analytics untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis

Data saja hanyalah angka.
Anda mendapatkan manfaat ketika Anda menggunakan data itu untuk mengarahkan upaya marketing Anda ke arah yang berhasil dan terselamatkan dari yang mendatangkan kerugian.

Segmentasi data pelanggan Anda, Jika Anda mensegmentasi data pelanggan Anda berdasarkan kualitas atau tindakan tertentu, Anda bisa mendapatkan data yang lebih spesifik (dan lebih bermanfaat).
Anda dapat melakukan segmentasi berdasarkan titik demografis pelanggan yang memengaruhi hasil Anda. misalnya:

- Kelompok umur
- Jenis kelamin
- Tingkat pendidikan
- Penghasilan tahunan
- Status keluarga
- Lokasi geografis

Anda juga dapat mengelompokkan data berdasarkan perilaku konsumen, menyortir oleh pelanggan yang:

- Jelajahi halaman produk Anda tanpa membeli
- Beli dari Anda secara berulang
- Belum kembali ke situs web Anda untuk sementara waktu

Segmentasi ini memungkinkan Anda memfilter data Anda dengan relevansi, mengambil apa yang Anda butuhkan dan meninggalkan apa yang tidak Anda butuhkan.

Bayangkan Anda memiliki sekelompok besar pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja mereka.
Anda ingin tahu apakah Facebook atau email akan lebih baik untuk membawa mereka kembali ke keranjang mereka, jadi Anda menjalankan serangkaian tes.

Ternyata dari data, Anda mengetahui bahwa email mendapatkan ROI yang lebih baik, tetapi hanya jika Anda memasukkan bahasa yang menciptakan rasa urgensi.
Informasi itu menyelamatkan Anda dari mengejar pengabaian keranjang belanja di tempat-tempat yang tidak mereka cari.

5 Alasan Tambahan Kenapa Marketing Analytics Bisa Membantu Bisnis Anda

  1. Lebih mudah memahami audiens target Anda secara lebih rinci
  2. Identifikasi di mana pesaing Anda menginvestasikan marketing mereka
  3. Ukur seberapa baik kinerja kampanye marketing Anda
  4. Pantau tren saat ini dan prediksi tren masa depan
  5. Gunakan data untuk pengambilan keputusan kedepannya

Ok mungkin itu dia alasannya kenapa Anda perlu Marketing Analytics...
Let saya Anda menjalankan suatu campaign di IG...
Katakanlah uda 3 bulan posting di IG... apakah Anda sudah menganalisisnya dan beneran karena IG itu keberhasilannya?
Atau malah karena rekomendasi dari si Influencer atau dari pelanggan Anda sendiri?

Yess itulah pentingnya kita menganalisis marketing kita...

Semoga bermanfaat ya tulisan kali ini
Yang sifatnya sebagai pembuka tentang “Apa itu marketing analytics?”

Analytics